Kamis, 23 Desember 2021

Mak (Ibu) Wanita terhebatku

Bulan Desember 2021 menjadi   tahun ke 11 dan  bulan ke 10 kepergian Mak. Meskipun telah tiada, beliau selalu terpatri di dalam hati hingga maut menjemput. Mak wanita tegar, kuat dan sabar. Beliau telah mengandungku selama 9 bulan, melahirkanku menjadi bayi mungil, menjaga dan merawatku. 

Siang malam  tidurnya terganggu demi meredakan tangisan dan rengekanku. Aku diajarkan berbicara, aku diajarkan berjalan, aku diajarkan segala hal hingga aku bisa melakukannya sendiri. 

Kehangatan, kasih sayang dan perlindungan selalu ada untukku. Beliau akan bersedih di kala aku sakit, beliau akan merawatku ketika aku sakit, beliau akan selalu menjagaku, tanpa menghiraukan kesehatan beliau. 

Mak adalah sosok inspirasiku dalam menjalani hidup ini.

Perjuangan mak tidak pernah usai, lihatlah bagaimana tekadnya untuk menyekolahkan kami hingga kami menjadi manusia yang cerdas, pintar dan bermanfaat bagi negara. Sosok guru yang sederhana tersebut, selalu mengajarkan kami untuk bersikap jujur, rendah hati, dan bersahabat. 

Kami diajarkan untuk hidup sederhana, kami diajarkan untuk bertanggung jawab, kami diajarkan untuk menjadi manusia yang kuat dan tahan banting dalam keadaan apapun. Ditanamkannya ilmu agama, diajarinya sopan santun, dan diajarinya kami bekerja keras. Itulah sosok yang harus saya banggakan. Kesederhanaannya kadang-kadang membuat orang iri, kesederhanaannya kadang-kadang membullynya, kesederhanaannya membuat keluarga sendiri tidak menyukainya, dan kesederhanaannya itu mengajarkan anak-anaknya bagaimana hidup sederhana dan bijaksana.

Aku baru sadar setelah menjadi seorang ibu, ternyata caramu mendidik kami, ajaran kerasmu dalam pergaulan, dan sikap perhitunganmu dalam menafkahi kami benar-benar luar biasa. Apa jadinya aku, jika dahulu engkau limpahkan banyak uang semasa kuliah? Bisa jadi kuliahku tidak selesai atau malah berantakan karena dimanjakan oleh uang. Apa jadinya aku, jika aku tidak diingatkan untuk selalu menjaga diri? Aku pasti akan terjerumus dengan pergaulan sesat. Apa jadinya aku, jikalau aku tidak melanjutkan pendidikan? Pasti jelas aku tidak akan berhasil seperti hari ini. Kadang aku berpikir, “Bagaimana mungkin sosok perempun sederhana seperti mak bisa berpikir sejauh dan selogis itu?” Benar-benar menakjubkan. 

Penghasilan yang di dapat hari ini, disiapkan untuk persiapan anak sekian bulan ke depan. Ternyata beliau tidak pelit seperti perkiraan gadis kecil dulu, beliau hanya waspada dan jaga-jaga. Jika keadaan mendesak atau terjadi sesuatu yang genting beliau sudah memiliki pegangan. Hebatnya mak dalam segala hal. Aku baru menyadarinya, ketika engkau telah jauh dari hidupku.

Banyak pengajaran mak yang tidak akan pernah aku lupakan. Meskipun seorang guru zaman itu, untuk menghidupi kami berenam, beliau bisa menjadi apapun. Beliau bisa bermertamorfosis menjadi seorang petani, suatu waktu beliau bisa menjadi saudagar. Itulah yang mereka lakoni demi kami. Ketika menjadi petani, hasilnya selalu melimpah, hal itu disebabkan mereka selalu mengingat hak orang lain. Ketika menjadi saudagar, mereka menjadi kepercayaan orang. Bagaimana mungkin mereka mendapat kepercayaan dari orang lain kalaulah bukan kejujuran dan tanggung jawab.

Mak, sampai kapanpun aku akan selalu ingat pesan dan nasehatmu. “Jadilah diri sendiri dan carilah sesuatu untuk peganganmu suatu hari nanti”. Semua nasehat yang disampaikan benar adanya. Terima kasih banyak, mak. Tidak ada yang bisa menggantikan posisimu sampai kapanpun. Aku akan selalu ingat ajaranmu untuk selalu patuh terhadap suami. 

Terima kasih mak,

Perjuanganmu mengajarkan ku untuk tetap menjadi seorang perempuan yang biasa-biasa saja. 

Terima kasih mak, 

atas semua kesederhanan yang engkau berikan. 

Engkaulah sosok wanita terhebatku sampai kapanpun.


Selamat hari ibu,

Jasamu tidak akan terbalaskan hingga maut menjemputku.

I Love You

❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️


2 komentar:

  1. Keren ayuk....ukiran curahan hati dari seorang anak yang sangat paham bagaimana perjuangan dan rido seorang wanita hebat,ibu.

    BalasHapus
  2. Mak yanh luar biasa melahirkan anak yang luar biasa.

    BalasHapus

Gadis pemalu dan sederhana kelahiran 41 tahun yang silam telah memilih tambatan hatinya "guru" sebagai profesi utama dalam nengaru...